Pemahaman Visi Misi

By Admin prodi 24 Nov 2023, 11:09:41 WIB

 

EVALUASI PEMAHAMAN VISI MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI DIETISIEN

 

  1. TUJUAN EVALUASI

Adapun tujuan dari pelaksanaan evalusi pemahaman visi misi Pendidikan Profesi Dietisien adalah:

  1. Evaluasi visi dan misi Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien membantu memastikan bahwa program studi tersebut memenuhi harapan dan kebutuhan mahasiswa. Ini dapat mencakup aspek seperti relevansi mata kuliah dalam mendukung capaian unggulan lulusan;
  2. Evaluasi oleh mahasiswa juga dapat memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan visi dan misi program studi. Mahasiswa dapat memantau apakah program studi benar-benar mengikuti tujuan yang telah ditetapkan dalam visi dan misi, atau jika ada ketidaksesuaian yang perlu diperbaiki;
  3. Evaluasi visi dan misi program studi oleh mahasiswa merupakan bagian dari proses pengelolaan mutu pendidikan yang holistik, dan hasil evaluasi tersebut harus digunakan secara konstruktif untuk perbaikan berkelanjutan.
  4. Untuk mengukur tingkat kesuksesan mereka setelah lulus dari institusi pendidikan. Ini mencakup aspek seperti tingkat pekerjaan, gaji, prestasi karier, dan kontribusi positif yang mereka berikan kepada masyarakat.
  5. Untuk memahami efektivitas pendidikan yang mereka terima. Informasi yang diberikan alumni dapat digunakan untuk mengevaluasi visi misi apakah relevans dengan level pekerjaan yang mereka jalankan saat bekerja. Informasi yang akan dikerikan alumni dapat meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk perbaikan kurikulum, metode pengajaran, dan layanan pendukung pembelajaran
  1. MANFAAT EVALUASI

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh setelah evaluasi pemahaman visi misi Pendidikan Profesi Dietisien:

  1. Pertama, Melibatkan mahasiswa dalam evaluasi memungkinkan identifikasi dan perbaikan kekurangan dalam kurikulum, metode pengajaran, dan sumber daya yang dapat meningkatkan pengalaman belajar;
  2. Kedua, Dengan melibatkan mahasiswa dalam evaluasi visi misi program studi, maka akan dapat memahami lebih baik apa yang membuat mahasiswa merasa puas atau tidak puas. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan tingkat kepuasan mahasiswa dan menjaga retensi mahasiswa
  3. Ketiga, Melibatkan mahasiswa dalam evaluasi dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan visi dan misi program studi. Program studi akan lebih cenderung memenuhi janji mereka kepada mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya.
  4. Dalam hal khsuus juga dapat melibatkan alumni dalam evaluasi visi dan misi institusi pendidikan membantu institusi dalam mengukur dampak pendidikan mereka, memperbaiki kualitas pendidikan, dan memastikan bahwa mereka tetap relevan dan efektif dalam memenuhi tujuan pendidikan mereka. Hal ini juga menciptakan hubungan yang kuat antara institusi dan alumni, yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak.

Demikian, evaluasi ini dilakukan semoga informasi yang anda berikan bermanfaat untuk perbaikan capaian rencana strategis program studi sebagai program studi yang mendukung capaian rencana stategis Politeknik Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang.

  1. SISTEM EVALUASI

Penilaian hasil pendidikan pada prinsipnya untuk memberikan umpan balik kepada instruktur dan peserta didik dalam menentukan tingkat keberhasilan tertentu serta untuk mengetahui keberhasilan, hambatan, dan permasalahan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran. Teknik Evaluasi dilakukan dengan evaluasi tiap matakuliah pada merupakan bentuk implementasi dari setiap mahasiswa apakah telah memahami bahwa visi misi program studi mulai dari kurikulum, penjabaran kurikulum dalam bentuk rencana pembelajaran (RPS), dituangkan dalam bentuk pedoman setiap rotasi, penyusunan modul dengan tujuan memberikan dukungan konsep spesifik pada setiap aktivitas yang akan dilaksanakan mahasiswa pada setiap capaian pembelajaran dari setiap matakuliah dan pada pada bagian akhir dosen penanggung jawab dari setiap rotasi melakukan koordinasi dengan CI dalam Upaya menyamakan persepsi tentang semua aktivitas yang harus dicapai mahasiswa. Semua diuraikan tersebut memberi gambaran cara bagaimana visi misi Pendidikan Profesi Dietisien dijabarkan dan saat pelaksanaannya mudah dipahami oleh mahasiswa. Sehingga setiap kegiatan pembelajaran pada semua rotasi internship yang diimplementasikan secara langsung oleh instruktur di lahan praktek sesuai studi kasus, yang meliputi aspek-aspek Pengetahuan, Sikap, dan Ketrampilan atau kombinasi penilaian CI dan supervisor yang meliputi:

      1. Kognitif (Pengetahuan) : Meliputi penguasaan materi melalui kemampuan  dalam mengemukaan pendapat.
      2. Afektif (Sikap) : Meliputi tingkah laku dan pendapat sehari-hari dalam menghadapi suatu persoalan dan dalam mengemukakan pendapat.
      3. Psikomotor (Ketrampilan) : Meliputi penilaian di kelas, di laboratorium, atau di lahan praktek dengan tindakan langsung atau simulasi dalam mengerjakan  suatu pokok bahasan tertentu.

Sehinga pemahaman visi misi program studi oleh mahasiswa, dengan dibimbing langsung oleh CI yang memenuhi kwalifikasi sebagai CI dan didukung supervisor yang sesuai bidang ilmunya, maka diharapkan mahasiswa akan dapat mencapai semua aspek yang sudah diuraikan sebelumnya di atas.

HASIL EVALUASI PEMAHAMAN VISI MISI PS DIETISIEN

  1. RENCANA KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI

Evaluasi belajar pada Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien dilakukan dengan berbagai cara menggunakan evaluasi proses pencapaian kompetensi selama peserta didik melakukan praktik di wahana praktik berdasarkan acuan RPS dan dukungan dokumen dengan kedalam dan keluasan sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan pada program studi. Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran (Proses dan hasil belajar mahasiswa) untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian yang mencakup edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan, yang dilakukan secara terintregasi pada program studi. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan proses pembelajaran, beban belajar mahasiswa, dilaksanakan secara konsisten, ditindaklanjuti untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan pada program studi. Setiap akhir aktivitas praktik di setiap dari mata kuliah pada setiap rotasi peserta didik mempertanggungjawabkan hasil kinerjanya dalam seminar/presentasi laporan kegiatan yang dihadiri oleh instruktur dan dosen pembimbing. Semua bentuk evaluasi didasarkan pada instrumen evaluasi yang disusun secara baik dan benar sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum ini.

  1. HASIL KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI
    1. Kalender Akademik Program Studi

Dasar dari kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran dimulai dengan Kalender Akademik yang direncanakan, kalender akademik tersebut diimplementasikan dalam satu tahun ajaran. Di bawah ini adalah Kalender Akademik PS DIetisien Tahun Kademik 2023/2024.

 

 

 

Dari kalender akademik PS dalam 1 (satu) tahun tersebut dijabarkan ke dalam kegiatan setiap rotasi RGM, RMPM dan RGK.

    1. Tingkat Kehadiran Mahasiswa di setiap Rotasi

Tingkat kehadiran mahasiswa disetiap rotai telah mencapai 100%, dengan dicapainya tingkat kehadiran tersebut sehingga seluruh mahasiswa dapat menyelesaikan RGM, RMPM dan RGK dengan tepat.

    1. Tingkat Kehadiran dosen

Dosen melakukan supervise sebanyak alokasi frekuensi yang direncanakan, dilakukan secara luring, dan jika karena sesuatu hal tidak bisa dilaksanakan secara luring maka dosen yang bersangkutan akan melaksanakan secara daring sesuai kesepatan antara mahaisiswa dan dosen. Kesimpulannya, dosen dalam menjalankan tugas supervise akan melaksanakan sesuai rencana yang sudah disiapkan program studi (100%).

    1. Hasil Capean Belajar Mahasiswa pada RGM dan RMPM Non RS dan RMPM RS 

Telah diunggah pada Sistem Informasi Akademik (SIA) Poltekkes Kemenkes Malang, pada link https://sia.poltekkes-malang.ac.id/

Hasil monitoring nilai pada SIA tersebut, untuk PS Pendidikan Profesi Dietisien baru hasil pembelajaran Semester I, walaupun demikian diharapkan mahasiswa sudah dapat memberikan masukan atas pemahaman mereka pada impelementasi kurikulum Pendidikan Profesi Dietisien apakah sudah dapat mendukung pencapaian profil lulusan mereka pada setiap rotasi. Pemahaman ini diharapkan dapat menjadi indicator kurikulum sudah diimplementasikan dengan baik dan sekaligus memberi gambaran visi misi program studi sudah dijalankan dengan baik.

  1. HASIL PEMAHAMAN VISI MISI OLEH MAHASISWA

Evaluasi  terhadap pemahaman visi misi dikumpulkan melalui link berikut ini:

Evaluasi pemahaman visi misi - Google Forms

Aspek yang dievaluasi ketepanan menyebutkan visi, mampu membedakan visi misi program studi dietisien Poltekkes Kemenkes Malang dengan Program Studi Dietisien lainnya.

Berikut ini ada hasil evaluasi pemahaman visi yang diberikan oleh mahasiswa:

Pertanyaan 1. Berikut ini adalah beberapa pernyataan Visi Program Studi. Mana dari pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan Pendidikan Profesi Dietisien Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang?

 

Dari gambar di atas, 96,9% (31 orang dari 32 orang mahasiswa) memahami visi Pendidikan Profesi Dietisien dengan benar.

Pertanyaan 2. Jadi, dari visi program studi pendidikan profesi dietisien Poltekkes Kemenkes Malang tersebut, maka keunggulan Program Studi Pedidikan Profesi DIetisien yang akan dicapai pada tahun yang ditargetkan adalah

 

Dari gambar di atas, 96,9% (31 orang dari 32 orang mahasiswa) memahami  keunggulan Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien yang ditunjukkan dengan pilihan jawaban benar sebagian besar dari mahasiswa yang berpartisipasi.

Berikut ini ada hasil evaluasi pemahaman misi yang diberikan oleh mahasiswa:

Pertanaan 1. Apa misi pertama dari PS Pendidikan Profesi Dietisien Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang ?

Untuk pertanyaan ini 93,8% telah menjawab dengan benar, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

 

Pertanaan 2. Apa misi kedua dari PS Pendidikan Profesi Dietisien Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang ?

Untuk pertanyaan ini 90,6% telah menjawab dengan benar, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

 

Pertanaan 3. Apa misi ketiga dari PS Pendidikan Profesi Dietisien Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang ?

Untuk pertanyaan ini 90,8% telah menjawab dengan benar, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

 

Pertanaan 4. Apa misi keempat dari PS Pendidikan Profesi Dietisien Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang ?

Untuk pertanyaan ini 87,5% telah menjawab dengan benar, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

 

  1. RENCANA TINDAK LANJUT

Dari hasil survei pemahaman visi misi tersebut, tampak bahwa Sebagian besar mahasiswa sudah memahami visi misi program studi dietisien poltekkes kemenkes Malang, walaupun demikian ada beberapa hal yang harus lebih ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang mengacu pada hasil evaluasi tersebut maka dipandang perlu beberapa alternative ini dilakukan:

        1. Variasi cara sosialisasi visi misi, yang selama ini sudah dilakukan melalui benner maka visi misi dapat dimasukkan pada setiap pedoman rotasi, setiap modul dan link yang paling sering akan dikunjungi mahasiswa, yaitu link berikut ini:

https://drive.google.com/drive/folders/1ttPcm0isES6eqM0p4SZIdYLoF_aKyVjR?usp=sharing

Link di atas, adalah link yang menampung semua kebutuhan belajar mahasiswa mulai dari orientasi dan pemantapan matakuliah sampai materi-materi yang mendukung pembelajaran semua rotasi.

        1. Secara khusus saat orientasi dan pemantapan materi dimana PJMK dari matakuliah tersebut adalah Kaprodi Pendidikan Profesi Dietisien
        2. Setiap mahasiswa meminta tanda tangan pengesahan laporan setiap matakuliah yang sudah diselesaikan, maka diingatkan Kembali tentang visi misi dari program studi